Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021

Proses Pelaksanaan

Proses pelaksanaan PPDB dilakukan secara online, sehingga calon peserta didik tidak perlu datang ke SMAN 1 Majenang, namun jika mengalami kesulitan bisa datang ke sekolah pada saat pendaftaran.

Daya Tampung

Daya tampung rombongan belajar (rombel):

Jurusan MIPA: 5 Kelas180 Siswa
Jurusan IPS: 5 Kelas180 Siswa
Jumlah10 Kelas360 Siswa

*) daya tampung bisa berubah

Jadwal Pelaksanaan

Pendaftaran:Tanggal, 17 s.d 25 Juni 2020
Seleksi:Tanggal, 26 s.d 29 Juni 2020
Pengumuman Hasil:Tanggal, 30 Juni 2020
Daftar Ulang:Tanggal, 01 s.d 03 Juli 2020
Hari Pertama Masuk Sekolah:Tanggal, 13 Juli 2020

Jalur PPDB

  1. Jalur Zonasi = Menerima calon peserta didik yang berdomisili pada Desa/Kantor Kelurahan dalam zona sekolah paling sedikit 50% dari daya tampung sekolah. (Lihat Penetapan Zonasi)
  2. Jalur Afirmasi= Menerima paling sedikit 15% dari daya tampung sekolah.
  3. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali = Menerima paling banyak 5% dari daya tampung sekolah.
  4. Jalur Prestasi = Menerima paling banyak 30% dari daya tampung sekolah.

Lihat Juknis PPDB Lengkap

Seleksi Jalur Zonasi  (50%)

Seleksi jalur zonasi dilakukan dengan:

  1. jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah;
  2. usia yang paling tinggi calon peserta didik;
  3. nilai prestasi.

Calon peserta didik baru yang melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, afirmasi luar zona dan prestasi luar zona dan dinyatakan diterima pada lebih dari satu jalur, maka prioritas diterimanya adalah:

  1. jalur zonasi,
  2. jalur afirmasi, dan
  3. jalur prestasi.
Seleksi Jalur Afirmasi (15%)

Seleksi jalur afirmasi diprioritaskan:

  1. Putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan (Rumah Sakit Lini 1, Rumah Sakit Lini 2, dan Rumah Sakit Lini 3) yang menangani langsung pasien Covid-19 diprioritaskan diterima langsung, utamanya di zonasi calon peserta didik yang bersangkutan;
  2. jarak tempat tinggal/domisili terdekat ke sekolah;
  3. usia yang paling tinggi calon peserta didik.
Seleksi Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali (5%)

Seleksi jalur perpindahan tugas orang tua/wali diprioritaskan:

  1. jarak tempat tinggal/domisili terdekat ke sekolah;
  2. usia yang paling tinggi calon peserta didik;
  3. nilai prestasi.
Seleksi Jalur Prestasi (30%)

Seleksi jalur prestasi diprioritaskan:

  1. nilai rapor semester I s.d V SMP/MTs sederajat ditambah bobot nilai kejuaraan dan/atau poin zonasi;
  2. usia yang paling tinggi calon peserta didik;

Lihat Juknis PPDB Lengkap

Persyaratan PPDB

Kelengkapan administrasi yang harus dipersiapkan oleh calon peserta didik SMA yang akan divalidasi pada saat daftar ulang:

Persyaratan Jalur Zonasi
  1. Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP.
  4. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru 2020/2021, dan belum menikah;
  5. Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB atau dapat diganti dengan Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili;
  6. Bagi calon peserta didik dari pondok pesantren menggunakan surat keterangan bahwa pondok pesantren terdaftar pada Educational Management Islamic System (EMIS) yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota serta Surat Keterangan telah mukim sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun di pondok pesantren.
  7. Bagi calon peserta didik dari Panti Asuhan/Sosial yang dikelola oleh Pemerintah menggunakan surat keterangan kelayan dari lembaga pengelola panti Asuhan/Sosial, sedangkan calon peserta didik dari Panti Asuhan/Sosial yang dikelola oleh masyarakat harus telah berbadan hukum.
Persyaratan Jalur Afirmasi
  1. Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat;
  4. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru 2020/2021, dan belum menikah;
  5. Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB atau dapat diganti dengan Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili;
  6. Terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) dan/atau menyertakan bukti keikutsertaan dalam program penanganan kemiskinan dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah (KIP, PKH, dan bukti lain yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah), data bersumber dari Kementerian Sosial RI dan/atau Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.
  7. Calon peserta didik yang berasal dari panti asuhan ditetapkan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.
  8. Terdaftar dalam hasil pendataan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang diterbitkan oleh dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
  9. Surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi yang bersangkutan khusus bagi calon peserta didik yang merupakan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya dengan wilayah kerja di luar Provinsi Jawa Tengah, dan masih tercatat sebagai warga Provinsi Jawa Tengah.
Persyaratan Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali
  1. Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat.
  4. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru 2020/2021, dan belum menikah.
  5. Surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
  6. Calon peserta didik yang merupakan anak guru dibuktikan dengan Surat Pernyataan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dilampiri Surat Keputusan/ Penugasan dari pejabat yang berwenang.
  7. Kartu Keluarga di luar zonasi.
  8. Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa orang tua calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili di wilayah  tersebut terhitung setelah tanggal penugasan.
Persyaratan Jalur Prestasi
  1. Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat.
  4. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru 2020/2021, dan belum menikah.
  5. Kartu Keluarga yang masih berlaku.
  6. Piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan, yang diterbitkan paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.
  • Keseluruhan tahapan PPDB akan diselenggarakan secara daring/online, dengan memberikan kemudahan bagi calon peserta didik tidak perlu mengunggah dokumen secara keseluruhan, namun cukup mengunggah surat pernyataan.
  • Dokumen PPDB tidak perlu dilegalisir.

Lihat Juknis PPDB Lengkap

Penetapan Zonasi

Penetapan Zonasi dihitung berdasarkan jarak tempuh dari kantor Desa/Kelurahan menuju ke SMA Negeri 1 Majenang. Berikut ada 51 Desa/Kelurahan dari 3 Kecamatan yang ditetapkan sebagai zonasi:

NoDesaKecamatanJarak (km)
1JenangMajenang          1.80
2SindangsariMajenang          3.10
3CibeunyiMajenang          3.30
4PahonjeanMajenang          3.60
5PadangjayaMajenang          4.30
6MulyadadiMajenang          4.70
7MulyasariMajenang          5.70
8CilopadangMajenang          6.00
9SalebuMajenang          7.40
10BenerMajenang          8.20
11BojaMajenang          9.40
12PadangsariMajenang          9.40
13SepatnunggalMajenang        11.00
14UjungbarangMajenang        12.00
15SadabumiMajenang        15.00
16SadahayuMajenang        15.00
17PengadeganMajenang        16.00
18AdimulyaWanareja          8.10
19LimbanganWanareja          9.10
20MalabarWanareja        11.00
21BantarWanareja        11.00
22MajingklakWanareja        14.00
23SidamulyaWanareja        14.00
24CigintungWanareja        15.00
25WanarejaWanareja        16.00
26RejadadiCimanggu          7.90
27CilempuyangCimanggu        11.00
28CijatiCimanggu        13.00
29CimangguCimanggu        13.00
30NegarajatiCimanggu        14.00
31KarangrejaCimanggu        14.00
32CisalakCimanggu        15.00
33BantarpanjangCimanggu        15.00
34PesahanganCimanggu        17.00
35CibalungCimanggu        18.00
36PanimbangCimanggu        18.00
37BantarmanguCimanggu        20.00
38MandalaCimanggu        23.00
39KutabimaCimanggu        24.00
40KarangsariCimanggu        27.00
41PangawarenKarangpucung        20.00
42CiporosKarangpucung        20.00
43CidadapKarangpucung        24.00
44TayemKarangpucung        24.00
45BabakanKarangpucung        24.00
46Tayem timurKarangpucung        26.00
47SurusundaKarangpucung        26.00
48CiruyungKarangpucung        31.00
49BengbulangKarangpucung        31.00
50PamulihanKarangpucung        34.00
51SidamulyaKarangpucung        36.00

Link Pendaftaran

http://ppdb.jatengprov.go.id

Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun (gratis).

Tata Cara Pendaftaran

  1. Seluruh calon peserta didik pada semua jalur wajib melakukan pendaftaran melalui sistem aplikasi PPDB dengan alamat http://ppdb.jatengprov.go.id
  2. Membuat Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen (contoh dapat dilihat di sini).
  3. Melakukan Registrasi dan verifikasi pendaftaran mandiri di sistem aplikasi PPDB.
  4. Menginput data pribadi sesuai alur dalam sistem aplikasi PPDB.
  5. Mengunggah Surat Pernyataan Kebenaran dokumen.
  6. Mengunggah Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I s.d V.
  7. Mengunggah Piagam Prestasi Penghargaan bagi calon peserta didik yang memilih Jalur Prestasi atau calon peserta didik yang memiliki Piagam Prestasi. Apabila Calon Peserta Didik memeiliki Piagam Prestasi Penghargaan lebih dari I (satu) maka Piagam Prestasi Pengharagan yang diunggah dimaksud adalah Piagam Prestasi Penghargaan dengan bobot nilai tertinggi.
  8. Mengunggah surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi yang bersangkutan, khusus bagi calon peserta didik yang merupakan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid-l9,
  9. Calon peserta didik menyatakan diri bersedia atau tidak bersedia disalurkan pada jalur zonasi.
  10. Calon peserta didik harus memenuhi keseluruhan tahapan dan proses input data yang diperlukan dalam sistem aplikasi PPDB, dan apabila calon peserta didik telah menginput data yang diperlukan/dipersyaratkan maka akan memperoleh nomor pendaftaran.
  11. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihat pada sistem aplikasi PPDB dengan nomor pendaftaran peserta PPDB.

Link Download (Juknis PPDB)

Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB lengkap:

PETUNJUK TEKNIS PPDB SMAN 1 MAJENANG 2020.pdf

Link Download (Surat Pernyataan)

Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen Bermaterai yang harus di unggah saat pendaftaran.

SURAT PERNYATAAN PPDB.pdf

Daftar Ulang

  1. Peserta didik yang diterima di satuan pendidikan wajib melakukan daftar ulang, dan bagi yang tidak melakukan daftar ulang dianggap mengundurkan diri.
  2. Persyaratan daftar ulang bagi calon peserta didik yang dinyatakan diterima adalah keseluruhan dokumen yang dipergunakan oleh calon peserta didik pada saat melakukan pendaftaran secara daring sesuai dengan jalur yang dipilihnya dan dokumen lain yang dipersyaratkan oleh sekolah.
  3. Pada saat pelaksanaan daftar ulang dimaksud, keseluruhan dokumen akan diverifikasi oleh satuan pendidikan masing-masing, dan calon peserta didik membawa dokumen asli serta menyerahkan copy dokumen kepada sekolah.
  4. Ketentuan dan tata cara daftar ulang akan diatur lebih lanjut oleh satuan pendidikan masing-masing berdasarkan kondisi kedaruratan Covid-19, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan

Contact Person

Bpk. Susri Al Fuadi : 08161331958

Bpk Lulu Sofi K : 085-888-888-563

X