PPDB ONLINE DITENGAH PANDEMIC COVID-19

Tahun pelajran baru 2020/2021 sudah dekat, hanya tinggal beberapa bulan lagi. Tepatnya bulan  Juni pembelajaran untuk tahun ajaran 2019/2020 selesai. Dengan selesainya tahun pelajaran 2019/2020, maka tahun pelajaran 2020/2021 dimulai.

Bak serangan teroris yang mengacaukan semua tatanan kehidupan. Serangan virus corona yang awal bulan Maret mulai terdeteksi di Indonesia dengan cepat melumpuhkan semua bidang kehidupan. Termasuk bidang pendidikan, tidak hanya proses belajar mengajar yang diganti dengan sistem daring saja. Melainkan pendaftaran calon peserta didik barupun harus bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Banyak masyarakat yang masih kebingungan mendapatkan informasi pendaftaran peserta didik baru khususnya di sekolah sekolah negeri.

Sistem penerimaan peserta didik baru masih sama dengan tahun sebelumnya yakni ada empat jalur penerimaan peserta didik baru. Jalur zonasi dengan kuota 50 % dari daya tampung, Jalur Afirmasi 15 % dari daya tampung, Jalur Prestasi sebanyak 30 % dari daya tampung, dan yang terakhir melalui Jalur Perpindahan orang tua/mengikuti tugas kerja orang tua sebanyak 5% dari daya tampung.

Pada dasarnya pendaftaran untuk sekolah negeri sama dengan tahun sebelumnya. Pedafataran dilaksanakan secara online, artinya dari mulai tahun sebelumnya calon peserta didik sebenarnya tidak perlu datang ke sekolah tujuan, tinggal online atau mendaftar dari rumah sudah bisa dilakukan.

Tahun ini  juga sama untuk calon peserta didik di sekolah negeri juga dilakukan secara online. Melalui aplikasi PPDB online peserta didik bisa mendaftar dari rumah atau dari mana saja. Hal ini untuk mengurangi dampak penyebaran covid-19. Pemerintah menganjurkan agar tidak terjadi kerumunan dan supaya menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain.

Mengenai aplikasi PPDB online sampai saat ini belum ada  edaran atau surat resmi dari Kemendikbud baik pusat ataupun tingkat Provinsi akan menggunakan portal apa. Apakah masih sama dengan tahun kemarin yakni portal jateng.siap-ppdb.com sebagai portal pendaftaran online, ataukah ada portal baru khusus PPDB online?. Sampai saat ini belum ada informasi resmi dari pihak terkait tentang portal mana yang akan dijadikan sebagai portal pendaftaran online.

Namun melalui edaran yang sudah banyak diterima sekolah sekolah negeri bahwa ada yang berbeda pendaftaran online tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya.

Perbedaannya, jika tahun sebelumnya calon peserta didik baru membuat akun sendiri di portal jateng.siap-ppdb.com. Maka untuk tahun sekarang akun calon peserta didik sudah otomoatis akan diberikan oleh sekolah asal untuk bisa mengakses ppdb online. Sedangkan untuk calon siswa dari luar daerah, lulusan Madrasah, Luar Negeri, lulusan 1-2 tahun sebelumnya silahkan lapor ke sekolah tujuan / dinas pendidikan untuk di buatkan akun pendaftaran.

Berkas yang perlu disiapkan juga ada sedikit perbedaaan. Karena untuk tahun ini pelaksanaan Ujian Nasional dibatalkan maka nilai Ujian Nasional tidak menjadi syarat yang harus dipersiapkan, namun diganti dengan nilai raport untuk semester I sampai dengan semester V.

Syarat-syarat yang harus dipersiapkan antara lain , scan foto, akta kelahiran, kartu keluarga (KK), legalisir penghargaan jika ada. Semua dokumen nanti diunggah dalam format  JPG, JPEG atau PNG dengan maksimal file 1Mb.

SMA Negeri 1 Majenang sebagai lembaga pendidikan Negeri di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak serta merta bisa membuka dan menerima calon peserta didik baru walapun sudah banyak masyarakat yang ingin sekali agar putra-putrinya terdaftar sebagai peserta didik di SMA Negeri 1 Majenang. SMA Negeri 1 Majenang harus menunggu juknis secara resmi baik dari Kemendikbud pusat ataupun Kemendikbud tingkat Provinsi.

Namun untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan prima terhadap masyarakat terkait PPDB, SMA Negeri 1 Majenang menyediakan form pemetaan sementara bagi calon pendaftar agar bisa diketahui apakah calon pendaftar masuk dalam zonasi atau tidak, atau masuk sebagai pendaftar jalur prestasi. Hal ini sangat penting, agar ketika calon peserta didik nantinya tidak salah dalam mengisi atau melengkapi data ketika pendaftaran online sudah dibuka secara resmi. Karena ketika pendaftar sudah mendaftar di PPDB online, peserta hanya diberikan dua kali kesempatan untuk memperbaiki data yang sudah diisikan.

Bagi calon peserta didik yang berminat mendaftar di SMA Negeri 1 Majenang bisa mengisi form pemetaan calon peserta didik baru berikut ini; https://bit.ly/infoppdbsmansa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X